GOA BARU DISEKITAR GOA PINDUL

goa baru sekitar pindul

Polisi menutup gua baru yang ditemukan di sekitar obyek wisata Gua Pindul, Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Selain untuk mengantisipasi kerusakan bangunan, gua tersebut juga mengeluarkan gas.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal tidak diinginkan pihak kepolisian menutup sementara yang mengeluarkan gas dengan garis polisi. Pengelola akan datangkan ahli susur gua.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dewa Bejo, Subagyo, mengatakan, ada beberapa warga yang masuk lagi ke gua, namun hanya beberapa meter. “Tadi sempat ada yang masuk namun hanya 25 meter sudah tidak kuat akhirnya keluar lagi,” katanya, Jumat (6/12/2013).

Untuk mengantisipasi warga yang akan memasuki gua, petugas memasang garis polisi. Sementara untuk memudahkan pembukaan gua, pengerukan hanya difokuskan di depan mulut gua.

“Batuan di depan gua dibersihkan dulu, agar nantinya akses jalan masuk mudah,” imbuhnya.

Ia menambahkan, jika pengeprasan mulut gua selesai, pihaknya akan meminta ahli susur gua untuk memetakan jalur dan ujung gua. Selain itu, juga untuk mengetahui gua tersebut aman atau tidak.

“Kita akan berencana untuk mengundang pakar,” ujarnya.

Ia berharap gua baru tersebut menjadi tujuan wisata baru di sekitar Gua Pindul. “Saya dengar dari beberapa orang yang sudah masuk meski hanya beberapa meter, dalamnya sangat bagus,” ucapnya.

Beberapa warga yang menyaksikan gua dari luar tampak penasaran dengan gua yang baru ditemukan kemarin itu. “Penasaran, ingin melihat di dalamnya kayak apa,” kata Hari warga Karangmojo.

2 thoughts on “GOA BARU DISEKITAR GOA PINDUL

  1. Pingback: fikawidiastuty

  2. Pingback: pajarestua

Leave a Reply

